Friday, July 30, 2010

Gita Tunggal Crescendo Choir

Halo temaaaaaaaaan. Seperti biasa, pengennya basa-basi, nyapa sana-sini, tapi daripada makan ati, mending langsung ke inti (HEY MEREKA BERRIMA!) hehehe.

Gini loh, gue mau cerita tentang Paduan Suara Gita Tunggal Crescendo (yg akan disingkat untuk penulisan selanjutnya menjadi PSGTC), ekskul yang telah gue geluti selama hampir 1 tahun ini. Gue BANGGA sekali bisa berkecimpung di dunia tarik suara bersama PSGTC SMA 1 Depok. Kami baru saja meraih silver medal dalam Festival Paduan Suara ITB ke-22! Kita paduan suara terbaik ke-7 se-nasional loooh. Aduh, rasanya pengen nangis (lagi) ((kenapa nangis lagi? karena gue sering nangis loh pas di Bandung. Kalo inget susahnya ikut lomba ini, inget tali persaudaraan PSGTC, inget Daniel pelatih tercinta, dll dll dll) kalo inget ini semua. Prosesnya sangat amat super duper triple quadraple SUSAH dan menguras waktu, suara, uang, tenaga, pikiran, dst dst dst. Pokoknya banyak yang kita korbanin dalam proses menuju panggung ITB. Gue mau ceritain perjuangan kita dulu ya ^^

kita berguru ke Perbanas Choir karena mereka abis menang competition di Italia gitu. Suara mereka naujubileh 0_0 bengong gue.


PSGTC ikut lomba yg diselenggarakan SMA 39 Jkt dan dapet juara 3. Yg juara 1-nya adalah 62 Jkt yg nyatanya kita kalahin di babak kualifikasi FPS ITB ^^ hahaha senangnya. Mungkin waktu itu kita kurang persiapan kali ya makanya kalah. Dan mungkin krn gue nggak ada jadi kalah ahhahaha -_-v gue nggak bisa ikut soalnya nggak dibolehin ortu. GTC ikut lomba dalam rangka nyari dana buat ke ITB soalnya biayanya mahal T.T

Ini foto kita setelah rekaman kayaknya. Jadi sebelum ke ITB, tiap padus se-Indonesia harus ngirim rekaman dari dua lagu bebas. Nah nanti rekaman itu diseleksi baru deh boleh ikut babak kualifikasi, dan kalo lolos ya ke babak final. Waktu itu rekamannya ampe sore soalnya make alatnya Kak Esa yang ribet tapi canggih dan emang kita msh belum terlalu berteknik jadi sambil diasah juga.

PSGTC ikut meramaikan AKSI 33 ETERNITY SMANSA buat ngasah kemampuan kita dalam bernyanyi dan meng-entertain banyak orang.

Kiki dan Saras lagi belajar Lion Sleeps Tonight buat konser. Konser kita bertemakan English Madrigal and American Popular Songs. Konser itu juga dalam rangka menggalang dana. Gue, Onya, dan Panca jadi triolist *emang ada?* di nada tingginya hahahahaha. Dan gue seneng krn dari konser itu kita dapet 6 juta bray! Gila 0_0


Nah ini dia PSGTC setelah konser hehehehe. Disini masih ada kak Cenna. Dia adalah anggota GTC yg ikut konser tapi nggak ikut lomba. Kak Cenna lolos seleksi AFS ampe tahap akhir dan akan pergi ke Amrik bulan ini atau bulan depan gitu. Ah sedih banget berpisah dengan kak Cenna. Pas konser terakhir dia dengan GTC, dia sempet ngucapin salam perpisahan sambil berkaca-kaca. Dia satu2nya tenor yg warna suaranya gue suka. Keren banget! Ada vibranya T.T pas kita di Bandung, dia udah di karantina gitu utk siap2 abroad. Tapi dia sempet nelpon dan ngirim sms untuk ngasih support ke kita. HAAAAAAA MAKASIH KAK T.T mau nangis lageeeee....sampai jumpa tahun depan kak!

Ini pengumuman di webnya FPS ITB tentang finalis kategori SMA. ADA KITA ADA KITAAAA hehehehehehehe itu kita nunggu ampe jam 3 subuh loh. Gue inget banget semua pada bergadang kecuali beberapa orang lemah yg gampang ngantuk haha. Gue ampe sempet ketiduran juga di sofa sama Panca dengan posisi nggak enak -_- tapi pules terus kebangun lagi nyahahaha. Pas tau kita lolos ke final langsung pada turun ke ruang tamu, teriak2, loncat2, pokoknya pada heboh. Lu bayangin kita ngewakilin JAWA BARAT loh ^^/

Beberapa jam sebelum keluar pengumuman finalis, PSGTC masuk artikelnya FPS ITB!!!! Judulnya mantep bay!!!! Mau tau kenapa headlinenya gitu? Klik aja gambarnya :)))

Ini hasil juara-juaranya. Nggak terlalu keliatan ya? Klik aja gambarnya lagi, yg pasti itu yg gue lingkerin ya PSGTC. Keren loh 7 besar Padus se-Indonesia hehehehe. Juri nya mantap-mantap bro. Orang macam Aning Katamsi, Ananda Sukarlan, Catherina Leimena giduuuuu..........

Bass dan tenornya PSGTC. Total cowoknya ada 12, ceweknya ada 25, jadi ada 37 deh semuanya. Cowok-cowok ini hebat, mereka tetap jantan! Maksud gue ada yg langsung minder kalo cowok masuk padus, soalnya cenderung diledekin banci. Pengen gue perkosa orang-orang yg ngatain aja bisanya. Kayak suara mereka bagus aja -_-v btw, di foto ini pada keren-keren hehehe.

Kak Desya, Fany, gue, Saras, kak Uti, dan kak Intan. Ngomong2 kak Intan, dia itu kena radang tulang akut. Jadi pas hari Kamis kita berangkat ke Bandung, dia nggak ikut dan berencana nyusul. Pas udah H-1 tampil babak kualifikasi dia msh belum dateng, gue udah lemes. Dia sopran 1 sama kayak gue dan rasanya ada yg kurang tanpa dia. Ampe Daniel nelpon dia dan bilang untuk nggak usah dateng aja daripada sakitnya makin parah. Terus kak Intan nangis dan gue jd pengen nangis juga dengernya (soalnya percakapan mereka di-loudspeaker sama Daniel jadi kita semua bisa denger), dia blg, "jangan ngalangin gue Niel untuk bantu GTC!!". Eh pas malem2nya, Daniel bilang "kita kedatang bintang tamu hari ini". Terus kak Intan nongol dengan langkah tergopoh-gopoh. Terus gue nangis KEJEERRRRRRRR!! Berlari memeluk dia. Aduh gue nggak nyangka segitu berjuangnya dia utk GTC. Justru pas tampil di babak kualifikasi dan final, dia melakukan semua koreo dengan baik sekali. Terharuuuuuu~ T.T

Ada lagi foto-foto yang lain, tapi belum diunggah sama teman-temankuu hehehehe abis gue bawa camdig tapi males motoinnya ckck. Disana asik banget, kita nginep di Asrama Mahasiswa Asing ITB dan...WOW kamarnya bagus dan enak. Berasa jadi mahasiswa asing beneran *loh. Kamar anak-anak cewek diatas, sedangkan yang cowok-cowok dibawah. Kebayangkan nggak tuh gimana beratnya gue nenteng koper naik tangga -_- Makanan sehari-hari kita dijaga banget sama Daniel, jadi nggak ada pedes-pedesnya, nggak ada santen terlalu banyak minyak dll dll. Dan disana kerjaannya, istirahat, latihan vocal, koreo, istirahat, latihan lagi dst dst dst. Tapi asik! Karena kalo lagi istirahat, kita nonton The Grudge 1,2,3-nya Saras. Pernah tuh nonton The Grudge 2 malem-malem di kamarnya kak Intan bareng sama 15-20 anak lainnya. lampu dimatiin, pintu dikunci, tapi untungnya jendela dibuka. Tap tetep aja, udara Bandung yang dingin sekalipun nggak bikin gue kedinginan saat itu. Ampe empet-empetan dan gue terpaksa pegangan sama pahanya kak Ryan yang bulunya lebat akibat pundak gue kesender Jalu yang malah sibuk nyari sinopsis cerita The Grudge 2 di hape terus dia ceritain ke temen2 seiring pemutaran film, jadi seolah-olah dia udah nonton film-nya getho -_-

Atau enggak ya ampe jam 12 malem, gue sama Saras ngegosip dan ngetawain rekaman *piiiiiipppp* hehehe bukan bokep kok tenang aja wakakakak. Atau makan biskuit Lemonia yang (kayaknya hampir) semua orang bawa, tapi yang ngabisin cuma gue, Saras, Onya, dan Jay doang.

Gue kan bawa celana olahraga Smansa ya karena kita rencananya disana bakal jogging tiap pagi atau sekedar keluar menghirup udara segar. Nyatanya, cuma hari pertama doang gue sama sekawanan yg lain mampu bangun pagi2 buta terus jogging, karena untuk selanjutnya kita teler kecapekan. Bahkan gue sama Saras selalu dibangunin kak Destha (ketua PSGTC thn 09/10) huhuhuhuh memalukan :D

Tapi kalo urusan mandi, lu bisa mengandalkan gue sama Saras *dih. Karena kita nggak pernah telat mandi dan nggak pernah nggak mandi *pernah sih sekali doang. It's better ketimbang Panca yang pernah seharian nggak mandi kayaknya hahahaha. Rambutnya sekarang jadi keriting tuh *nggak nyambung *tapi rambutnya yg keriting itu bener! Entah mengapa...........

Pernah juga ya, abis lomba babak Kualifikasi tuh malemnya pada banyak yg mau shopping2 gedooo, dan hanya tersisa sedikit dari kami yg stay diasrama. Orang-orang terlantar itu ialah: gue, Saras, Panca, Jalu, Kak Uti, Kak Gon, Fany, Kak Destha, Kak Arif, Bagus, Mutia, kak Indah, Kiki, dan Daniel. Dan malem itu seru banget, begitu anak2 yang mau shopping udah pada keluar, kita langsung teriak nyanyi2 kayak kesurupan roh macan. Diiringi kak Uti yang mainin keyboard, kita ogel2, pesta pora, hura2, nyanyi lagu-lagu pop, terus mesen delivery KFC. BAHAGIA banget!

Tapi gue sebel, disana gue cengeng. Kayaknya semua orang emang jadi cengeng disana. Malam sebelum babak kualifikasi kita nangis begitu Daniel menafsirkan lagu Sing a Song of Sixpence dan Yamko Rambe (2 lagu yg akan dibawain di babak kualifikasi). Betapa hebatnya kedua komposer dan aransir lagu tersebut. Abis itu ada sesi kita nyanyiin dua lagu tadi sambil duduk melingkar, tutup mata dan nyanyi untuk GTC. Langsung mewek gue -_-- (begitu pun anak yg lain, kecuali kak Rezka). Terus pagi sebelum final, Daniel menginterpretasikan lagu Kupinta Lagi dan Chili Con Carne. Dimana dia nafisirin Kupinta Lagi sampe nangis juga. Terus kita semua nangis lagi -_- (dan lagi-lagi kak Rezka nggak nangis). Terus pas udah nyampe Smansa. Kita nyanyi2 Sing a Song of Sixpence, Yamko Rambe, sama Chili Con Carne sambil nangis kejer diliatin sama beberapa anak yg belum pulang. Kapan lagi kayak gini ya Tuhan T_T kelas XII kan udah harus konsen ke UN, kelas XI akan segera mengayomi kelas X yg lolos audisi dan LDSS nanti. Dan barulah kak Rezka nangis kejer disitu. Kayak udah pedih banget ampe nggak bisa ditahan gitu mukanya, kesiaaaaaaaaan :( terus liat dia nangis, gue makin nangis.

Panca dan Kak Rezka, sesaat setelah kak Rezka nangis. Kesian liat mukanya. Kayak anak bandel tapi ngerti juga tentang persaudaraan GTC :(

Oiya pas dibabak Kualifikasi, sebelum dan sesudah tampil, adaaaa aja yang ngeledekin kita gitu. Ada dua padus namanya *piiippp* dan *poopppp* (dih) hehehe mereka ngegodain Onya dan kak Muni, "neng, godain akang dong sini". Ada juga yg bilang "capek nih ye abis nampil, capek yee". Ada juga yg ngatain sepatunya kak Rezka dsb dsb dsb. Terus sama Windy mereka dikatain alay, terus gue ngacungin jempol terbalik ke mereka -_-

Nah dengan berakhirnya FPS ITB XXII ya kita balik ke kehidupan semula a.k.a. belajar lagi di Smansa. Terus rencananya minggu depan kita mau mengadakan audisi bagi 63 anak yg daftar ke ekskul padus. Kita juga mau regenerasi kepengurusan dan pengen ikut berbagai lomba lagi untuk nambah pengalaman. Doakan kita tetap berprestasi dan terus berusaha menjadi yg terbaik ya :D



© Ichacho
Maira Gall