6.18.2015

Magang di Jekardah!



Mumpung hari ini adalah hari pertama puasa dan gue bisa pulang dari kantor lebih awal, it'd be better if I started to blog and posted some shits in here. Padahal sesungguhnya gue baru masuk kerja 3 hari, tapi ngerasa udah banyak suka duka yang dirasakan disini. So, here we go!

Gue magang menjadi Consultant Intern di perusahaan big analysis data pertama di Indonesia, yakni Mediatrac! Jengjengjeng. Buat anak bisnis, mungkin agak jarang yang tau nama perusahaan ini karena emang pada dasarnya ini perusahaan pengolah data which means hubungannya sama teknologi, komputer, dan informatika. Tapi, perusahaan pengolah data mau ngolah data siapa kalo gak punya konsultan? Untuk itulah dibentuk divisi konsultan yang punya kedudukan krusial dibawah Chief Strategy Officer (CSO). Perusahaan ini juga masih tergolong lumayan baru, karena memang baru didirikan tahun 2003 alias baru berumur 12 tahun, masih banyak yang harus dibenahi dan dikembangkan. Kantor yang dulunya cuma punya 1 lantai ini kini telah memperluas kerajaannya menjadi 2 lantai, dimana lantai 1 untuk orang-orang manajemen (termasuk para konsultan) dan lantai 2 khusus untuk anak-anak IT. Nah nuansa dari kedua lantai itu berbeda sekali, kawan. Gue agak bengong juga sih pas nyadar but in the end, it's about balance in work life. Jadi gini, lantai 1 tuh karena isinya orang-orang manajemen, termasuk jajaran BOD dan konsultan maka nuansanya pun terkesan agak hati-hati, agak jaim, agak berwibawa, agak formal, agak serius. Kenapa semuanya serba 'agak'? Karena pada dasarnya disini tuh environmentally fun and friendly. Lu mau bersin kenceng-kenceng selow aja, mau nguap sambil merenggangkan otot juga selow, mau teriak-teriak haha hihi juga gak bakal disuruh diem. Nah bedanya sama lantai 2 yang isinya anak-anak IT, mereka tuh tingkat selownya udah jebol. Dulu bahkan katanya sempet ampe pada main bola di lantai 2. Kabarnya mereka juga sering main PS kalo bosen (lupa info ini masih terjadi apa dulu doang). Terus penampakan anak-anaknya pun agak messy, gak peduli, cengengesan, gak formal-formal amat, dan kayaknya kalo bisa seru-seruan sama mereka bisa ketawa ampe mati.

Lebay deng, gak sampe mati juga.

Nah jadi, gue sama supervisor gue kalo lagi jam istirahat dan suntuk ngeliat laptop terus, ya kita ke atas sekalian makan siang, nonton tv, dan liatin anak-anak IT haha hihi wkwk. Ada sih kenalan sama 1 orang gitu, penampakannya kayak gak tidur berminggu-minggu tapi senyumnya tetap sumringah. Terharu kan gue. Emang disini semua orang berdedikasi banget sama kerjaannya. Padahal mereka banyak yang lulusan universitas ternama luar negeri (which is bisa aja kalau mau kerja di multinational company atau perusahaan konsultasi papan atas) dan bahkan udah pada di-offer sana sini sama perusahaan gede eh ujung-ujungnya ditolak dan milih kerja di Mediatrac. Menurut gue, karena ini emang masih emerging company, tantangannya benar-benar tiada tara dan proses membangun sistemnya itu yang seru. Kita kayak ditantang meningkatkan ini-itu yang kalau kita kerja di perusahaan yang udah gede ya gak bakal dapet. Kita belajar gimana bisa dipercaya sama client, memanfaatkan semua kelebihan dan aset kita untuk gain trust dari client yang pada ujungnya membawa reputasi yang baik juga buat nama perusahaan. Isn't it exotic? I think it really is.

Uniknya lagi, disini pada muda-muda semua lho employeenya. Mungkin sengaja dipilih yang masih muda-muda biar energi dan staminanya masih bisa sekuat horse power buat kerja. But truthfully, kita disini menganut 9 hours of work dan flexibility yang tinggi. Maksudnya kalau kita mau datang jam 12 boleh asal pulang jam 9 malam. Atau bisa juga, datang jam 12 lalu pulang jam 6 tapi sampai rumah/kosan harus nugas sampai jam 9 malam. Intinya yang penting ngerjain tugas dan gak peduli mau ngerjain dimana juga. Terus disini kita gak ada partisi yang ngebatasin kita dari segala sisi (kayak dari seluruh penjuru mata angin), cuman ada partisi yang ngebatasin kiri dan kanan. itupun gak tinggi-tinggi amat. Fungsinya biar kita bisa diskusi seenak jidat tanpa merasa dibatasi dan dikurung sih. Disini gue belajar ningkatin ilmu sosial banget intinya. Harus bisa stand out, kenalan sana sini, sharing knowledge sama mbak-mbak dan mas-mas disini, dan gak boleh ciut ngobrol sama CSO haha. Yang menjabat jadi CSO disini adalah Bu Apsara Herman yang pernah menjabat jadi VP Sales & Marketing Holcim. Baru masuk hari pertama udah diskusiin tentang bisnis gue dan beliau menunjukkan ketertarikan pada bisnis ini. Kedepannya pengen ngobrol-ngobrol lagi sih kalo beliau gak sibuk hehehehe.

Yang menghambat pikiran gue disini cuma 1 sih...TA w piye kabare. Nah, seperti yang gue bilang tadi bahwa working hours disini fleksibel, gue memutuskan setiap Jumat sampai weekend gue akan mengerjakan TA. Lumayan termotivasi nih denger ada teman yang bernama Clarissa juga dan dia udah sidang. GILA BRO LULUSAN PERTAMA SBM 2015!!! AMAZING CLARISSA! Semoga gue bisa ketularan rajinnya deh.

Buat yang penasaran gue ngapain aja disini, jadi gue disini membuat deep analysis dan insight untuk client dengan bimbingan (of course) supervisor gue yang teramat baik dan gemar mengampuni kesalahan umatnya, which is gue, yang demen bertanya. Sebagai anak bisnis yang punya short term memory, gue gak inget rumus VLOOKUP dan HLOOKUP. Gue pun gak tau gimana make Pivot di Excel. Dan gue baru sadar excel tuh bisa lebih dimanfaatkan ketimbang buat bikin tabel doang :') sedih ih Cha. Current project gue adalah bikin monthly report yang informasinya banyak banget dan gue disuruh bikin analysis, insight, key learning, dan recommendation yang bisa bikin gue baru pulang kantor jam setengah 9 haha (tapi masuk jam 10 kok, lumayan bangunnya gak perlu pagi-pagi buta. Ditambah gue ngekos yang mana kosan gue dibelakang kantor gue banget. Lari 3 menit juga nyampe, yeah!). Tapi so far gue survive kok and I will always do. Sejauh ini gue enjoy disini, cuman masih belum 'lentur' aja jadi belum bisa terlalu freak dan jayus (apa harusnya emang dikurang-kurangin ya). Semoga hari-hari gue dan kalian, readers ku tercinta, kedepannya lebih fantastis dan mengejutkan. Sampai jumpa dan terima kasih sudah membaca!

No comments

Post a Comment

It would be nice to share thoughts, right? Anyway, if you feel attached with my articles and eager to get a quick response, do not hesitate to email me in clarissa.affandi@gmail.com. I will reply as fast I could.

© A Myriad of Words
Maira Gall